Negara yang Paling Sulit Dikunjungi

Rexnewsplus.com – Sejumlah negara di dunia diketahui ada yang tidak mudah untuk didatangi oleh siapa pun yang hendak datang ke sana.
Negara yang paling sulit dikunjungi berikut memiliki sejumlah aturan ketat terkait akses masuk, sehingga mempersulit turis untuk datang dan mendapatkan visa.

Alasan lain yang membuat suatu negara susah dikunjungi bisa disebabkan karena negara bersangkutan memang tidak mengeluarkan visa turis karena faktor keamanan dan politik.

Lalu ada juga negara di bawah rezim totaliter sehingga menutup diri dari dunia luar dan dipastikan tidak mudah dikunjungi.

  1. Bhutan

Punakha Dzong (istana) di Punakha, Bhutan ( kompas.com ) ( foto istimewa )

Pertama, negara yang sulit dikunjungi yaitu Bhutan, Karena Bhutan tidak menyetujui adanya visa individu, kecuali jika kamu adalah seorang turis yang menjadi bagian dari paket tur.

Visa individu yang disetujui oleh Bhutan adalah turis dari Bangladesh, Maladewa, dan India. Jika kamu ingin mendapatkan visa dari Bhutan, kamu harus menemukan agen wisata yang mampu mengorganisir perjalanan dan membayar biaya visa di muka.

Aplikasi visa untuk Bhutan diproses secara online, kamu juga memerlukan persetujuan dari Dewan Pariwisata yang ada di Bhutan. Selain visa, Bhutan sulit dikunjungi karena termasuk negara terpencil dan kurangnya jalan layak yang dimiliki.

  1. Korea Utara

Korea Utara/Foto: KCNA via Reuters ( detiknews ) ( foto istimewa )

Korea Utara adalah negara yang paling tertutup dari dunia luar. Jadi nggak heran, traveler akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan visa kunjungan dari negara pimpinan Kim Jong Un ini.

Jika traveler ingin mengajukan visa, traveler harus melakukannya melalui agen wisata yang disetujui negara.

Jika mendapatkan visa, traveler wajib memenuhi aturan wisata yang berlaku, seperti tidak berkomunikasi dengan penduduk setempat, menjelek-jelekkan pemimpin Korea Utara, berjalan-jalan sendirian, dan meninggalkan hotel setelah tur wisata selesai pada hari itu.

  1. Somalia

Menurut Visa Guide, mengunjungi Somalia sangat tidak disarankan bagi para pelancong. Menurut Indeks Perdamaian Global, Somalia menduduki peringkat ke-6 sebagai tempat yang paling berbahaya untuk dikunjungi.

Akibatnya, konsulat atau kedutaan jarang mengeluarkan visa bagi pelancong agar tidak membahayakan keselamatan selama kunjungan. Namun, jika traveler berhasil mengunjungi Somalia, Anda perlu didampingi oleh petugas keamanan agar tetap aman.

  1. Libya

LIbya ( state.gov ) ( foto istimewa )

Kekerasan yang terjadi di Libya satu dekade terakhir menjadi alasan mengapa negara ini sulit dikunjungi turis. Konflik yang sedang berlangsung menciptakan sebuah zona terlarang di seluruh negeri.

Inilah yang membuat Amerika Serikat dan Inggris menyarankan untuk tidak melakukan perjalanan ke Libya karena risiko terorisme. Selain itu, masalah lainnya adalah sulitnya mendapatkan visa. Karena visa Libya sangat selektif.

Kamu membutuhkan surat undangan untuk bisa mengajukan permohonan visa. Penghancuran situs-situs budaya yang ada di Libya, juga menjadi salah satu alasan mengapa negara ini sulit dikunjungi turis.

  1. Eritrea

Eritrea adalah negara yang berada di Afrika Utara. Eritrea termasuk negara kecil yang terisolasi dan kurang dikenal di dunia. Negara ini terletak di tepi Laut Merah. Eritrea tak jarang dianggap sebagai Korea Utara versi Afrika karena status politiknya.

Sangat sulit bagi turis untuk mendapatkan akses ke negara ini, karena visa yang diberikan sangat terbatas. Semua perjalanan di Eritrea harus diatur sebelumnya oleh pemerintah setempat, dan pengunjung dibatasi pada beberapa tempat.

Pengunjung bisa menemukan cukup banyak pos pemeriksaan keamanan di Eritrea. Hal ini merupakan hal yang umum karena adanya sengketa perbatasan yang terjadi. Sehingga semakin sulit untuk dikunjungi oleh turis.

  1. Turkmenistan

Turkmenistan ( idntimes.com ) ( foto istimewa )

Turkmenistan agaknya menjadi salah satu negara paling misterius di dunia. Itu karena negara ini memang sulit dimasuki orang asing.

Jika Anda ingin mengajukan visa ke Turkmenistan, traveler perlu melampirkan banyak dokumen, termasuk tiga salinan formulir aplikasi visa yang telah diisi dan surat undangan dari Layanan Migrasi Turkmenistan.

Selain itu, traveler harus memiliki sponsor di Turkmenistan yang dapat mengurus surat undangan (letter of invitation/LOI) untuk Anda. Menurut Visa Guide, perlu waktu sekitar 20 hari untuk mendapatkan surat tersebut.

  1. Rusia

Rusia merupakan salah satu negara tercantik di dunia. Negara yang sebagian besar tertutup salju itu punya daya tarik tersendiri untuk turis asing.

Sayangnya, Rusia termasuk negara yang sulit menerbitkan visa turis. Kesulitan itu terlihat dari banyaknya pertanyaan dalam formulir aplikasi visa.

Salah satunya, traveler harus mencantumkan riwayat perjalanan selama 10 tahun terakhir dengan rincian tempat yang dikunjungi, waktunya, dan lamanya tinggal di suatu negara.

  1. Kuba

Kuba ( mldspot.com ) ( foto istimewa )

Kuba adalah negara yang terletak di wilayah Karibia. Sebenarnya, banyak orang tertarik datang ke sana pada Januari-Februari karena saat itu negara tersebut beriklim sejuk.

Turis mancanegara juga suka datang ke Kuba untuk menikmati musik. Maklum, negara itu terkenal akan musikalitasnya. Traveler dapat pergi ke bar sambil mendengarkan musik jazz, salsa, dan elektronik.

Akan tetapi, Kuba sulit memberikan visa untuk wisatawan asing, terutama untuk warga Amerika Serikat.

  1. Iran

Negara Iran/Islamic Republic of Iran ( viva.co.id ) ( foto istimewa )

Iran merupakan salah satu negara di Timur Tengah. Di sana terdapat sejumlah destinasi terkenal seperti Masjid Nasir al-Mulk, Bazaar Tajrish, dan Gunung Damavand.

Namun, mendapatkan visa ke Iran dapat terbilang sulit. Traveler harus memiliki kode verifikasi khusus sebelum mengajukan visa. Kode otorisasi ini dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri di Iran, tetapi agen perjalanan resmi Iran harus mengajukan kode tersebut atas nama Anda.

Untungnya, berkat penggunaan e-Visa, proses pengajuan visa wisata ke Iran bisa menjadi jauh lebih mudah. Selain itu, beberapa negara sekarang dapat mengajukan visa saat kedatangan dengan persetujuan sebelumnya.

  1. Afghanistan

Istana Kepresidenan Afghanistan ( goodstats.id ) ( foto istimewa )

Situasi politik saat ini membuat orang-orang sulit memasuki Afghanistan. Saat ini, pemerintah sangat menyarankan untuk tidak mencoba memasuki negara tersebut.

Namun, bahkan sebelum pemerintah digulingkan, mendapatkan visa ke Afghanistan adalah hal yang sulit. Untuk memasuki negara tersebut, setiap orang harus mengajukan visa.

Kesulitan ini sebenarnya tidak berlaku untuk orang Indonesia. Pasalnya, Afghanistan membebaskan pengajuan visa jika traveler memiliki paspor diplomatik yang dikeluarkan negara China, India, Indonesia, Iran, Tajikistan, Turki. (Dilan/rn+)

Artikel ini diambil dari beberapa sumber

Redaksi menerima sumbangan tulisan, berita dan artikel yang berhubungan dengan pariwisata. Apabila memenuhi syarat, setelah melalui proses editing seperlunya akan segera di tayangkan. Materi dan photo – photo ( max 5 gambar) bisa di kirimkan melalui nomor WA Redaksi  (+62) 87729436180)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *